Alfafa

"KEEFEKTIFAN SELF INSTRUCTION DAN COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS SISWA SMK NEGERI 13 SAROLANGUN "

Authors

  • Fakhril Islam

    Author

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah banyak ditemukan kasus membolos yang terjadi di kalangan pelajar di Indonesia khususnya di SMK Negeri 13 Sarolangun. Sedangkan intervensi yang diberikan untuk mengurangi perilaku membolos belum maksimal. Apabila perilaku membolos tidak ditangani secara cepat dan tepat maka jumlah siswa yang membolos akan terus meningkat dan akan memberikan dampak yang negatif terhadap peserta didik sendiri, sekolah maupun negaranya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan layanan onseling kelompok dengan teknik self instruction dan teknik cognitive restructuring untuk mengurangi perilaku membolos siswa smk. Penelitian ini menggunakan non-equivalent group pretest-postest control group design. Metode pengumpul data yang digunakan adalah skala perilaku membolos dan pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired-sampled t-test dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan harga p<a dengan nilai 0,014<0,05 pada kelompok dengan teknik self instruction dan nilai 0,003<0,05 pada kelompok teknik cognitive restructuring. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada skor perilaku membolos antara sebelum dan sesudah penerapan konseling kelompok dengan teknik self instruction maupun teknik cognitive restructuring. Maka konseling kelompok dengan teknik self instruction dan teknik cognitive restructuring efektif untuk mengurangi perilaku membolos siswa SMK negeri 13 Sarolangun

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-04

Issue

Section

Articles